Krisis Layanan Kemanusiaan, Kebangkitan Individualisme, Dan Kebutuhan Akan Komunitas

, , No Comments

Community work atau kerja masyarakat merupakan cara memperbaiki ketidak adilan sosial dan mencoba untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Sedangkan istilah berbasis-masyarakat (community-based) merupakan pengembangan pendekatan berbasis masyarakat terhadap pemberian layanan-layanan kemanusiaan seperti kesehatan, pendidikan, perumahan, keadilan, pengasuhan anak, keamanan pendapatan dan kesejahteraan perorangan.
Istilah pengembangan masyarakat islam (community development) belakangan ini dipandang sebagai proses pembentukan kembali struktur-struktur masyarakat manusia yang memungkinkan berbagai cara baru dalam mengaitkan dan mengorganisasi kehidupan sosial serta pemenuhan kebutuhan manusia.
·         Krisis dalam negara kesejahteraan
Krisis legitimasi negara kesejahteraan sebagian disebabkan oleh krisis sumber daya/fiskal (O’Connor, 1973). Sementara pertumbuhan ekonomi dapat dipertahankan pada tingkat-tingkat tinggi, pengeluaran sosial yang meningkat dan perluasan layanan negara kesejahteraan adala salah satu kemungkinan yang nyata. Pengaruh krisis dalam negara kesejahteraan jelas terlihat pada level pemberian layanan. Pemotongan-pemotongan layanan publik yang terus menerus terjadi.
·         Tanggapan terhadap krisis
1.      Mempertahankan dan membangun kembali negara kesejahteraan
Ranggapan ini menganggap permasalahan negara kesejahteaan, dan penarikan layanan-layanan negara kesejahteraan sebagai hal yang pada hakikatnya reversibel. Tanggapan ini mendesak unuk menekankan kembali nilai-nilai demokrasi sosial.
2.      Paham ne right, neoliberalisme (rasionalisme ekonomi) dan privatisasi
Pendekatan new right ini melihat negara kesejahteraan sebagai secara umum tidak diinginkan, dan merupakan bentuk yang cenderunng akan memperburuk daripada menyelesaikan masalah sosial. Oleh karenanya pendekatan ini bertujuan membongkar struktur-struktur negara yang diperuntukkan bagi provesi layanan publik, dan menggantinya dengan sektor swasta yang dikendalikan oleh pasar.
3.      Manajemen publik yang baru
Tanggapan ini didasarkan atas asumsi bahwa manajemen di sek privat lebih superior daripada administrasi sektor publik dan karena itu negara kesejahteraan harus dicari metode-metode dalam sektor privat.
4.      Korporatisme
Pendektan korporatis cenderung memecahkan penghalang-penghalang tradisional antara provisi swasta dan publik. Seperti dalam manajemen publik yang baru, departemen pemerintah di dorong untuk menyamai atau melebihi sektor swasta dalam hal struktur, praktik manajemen dan permasalahan layanan.
5.      Tanggapan sosialis
Tanggapan ini memandang negeara kesejahteraan sebagai suatu manivestasi dari kritis dan kapitalisme. Negara kesejahteraan dilihat sebagai telah tumbuh beriringan dengan sistem kapitalis. Dan tanggapan ini menganggap krisis ini hanya dapat diatasi dengan merombak struktur-struktur kapitalis dan menggantikannya dengan sebuah orde sosialis.
Ø  Layanan Berbasis-Masyarakat Sebagai Suatu Alternatif
Setiap lembaga sudah tentu meiliki suatu dominan dalam memenuhi kebutuhan, tetapi dengan berubahnya masyarakat, tiap-tiap lembaga telah terbukti belum memadai kebutuhan-kebutuhan orde baru. Suatu Negara dijadikan sebagai tempat menaruh harapan yang sangat besar, mendemonstrasikan ketidakcukupannya pada saat munculnya bentuk-bentuk baru dari struktur-struktur social, ekonomi dan politik.
Setelah keluarga, gereja, pasar dan Negara mengalami ketidak sanggupannya memuhi kebutuhan manusia secara adil, kini mungkin giliran komunitas yang memikul tanggungjawab utama untuk menyampaikan provisi layanan-layanan dalam bidang kesehatan, pendidikan serta kesejahteraan. Menurut Dobson, 1995, gagasan sebuah komunitas adalah sebuah tema sentral dalam banyak literatur Green.
·         Berbagai masalah pendekatan konvensional pada layanan berbasis masyarakat
1.      Mengurangi komitmen kepada kesejahteraan
Layanan-layanan kemanusiaan, program yang berbasis masyarakat menyediakan suatu cara yang sangat murah. Hal ini benar dalam perubahan dari perawatan institusional kepada perawatan masyarakat yang tidak berdaya hidup sendiri, dimana biaya tinggi dari perawatan dari institusional dapat dikurangi, dalam hal ini mereka cenderung lebih bergantung pada pemanfaatan relawan dan pada staf yang dibayar lebih rendah daripada mereka yang berada di sector public.
2.      Privatisasi tersembunyi
Cara lain yang berbasis masyarakat cukup dengan menhentikan privasi layanan dan dengan menggunakan retorika tanggungjawab masyarakat, pemerintah dapat membuka pintu bagi pasar swasta untuk bergerak masuk mengisi kekosongan. Hal itu dapat mengakibatkan sebuah proyek berbasis masyarkat menjadi dioperasikan oleh suatu filosofi yang digerakan oleh pasar dengan tujuan memaksimalkan keuntungan.
3.      Keluarga
Kecenderngan ini terlihat dalam bidang perawatan oleh masyarakat bagi mereka yang tidak sanggup mandiri. Praktik ini dapat mengakibatkan pembebanan ekstra pada anggota keluarga, terutama perempuan.

4.      Gender
Dalam masyarakat Kontemporer, yang sangat dipengaruhi oleh rasionalisme ekonomi, perawatan dan keterlibatan dalam kegiatan masyarakat tidak dihargai, karena hal itu tidak dilihat sebagai mendatangkan kekayaan atau meningkatkan produktivitas.
5.      Tirani lokalitas
Mobilitas pribadi adalah sebuah cirri yang digunakan masyarakat Barat modern, dan telah menerima bahkan dihargai, bahwa orang harus melakukan perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhan mereka akan interaksi social, hiburan, pendidikan, layanan social hingga seterusnya.
6.      Ketidaksetaraan lokasional
Masyarakat dengan sumber daya (alam, keuangan atau manusia) yang lebih baik akan mampu menyediakan tingkat-tingkat layanan yang lebih tinggi

Ø  Unsur yang hilang-Pengembangan Masyarakat
Strategi pengembangan masyarakat mempunyai asumsi bahwa diatas dasar dari layanan kemanusiaan adalah komunitas (kumpulan dari banyak individu). Akan tetapi, hal tersebut bersifat problematis karena di era sekarang terjadi individualisme yang tinggi dan tidak ada struktur komunitas yang kuat.
Isu utamanya dapat dikatakan sebagai berikut : Bagaimana mungkin terdapat layanan berbasis masyarakat, jika tidak ada masyarakat yang menjadi basisnya?. Di dalam masyarakat tradisional mereka telah melakukan interaksi satu sama lain yang cukup baik, akan tetapi dalam masyarakat modern ekonomi menjadi penyebab pencegah terbentuknya komunitas karena mengedepankan individualisme dan mengabaikan solidaritas.
Dengan demikian layanan berbasis masyarakat perlu didampingi oleh suatu program pengembangan masyarakat untuk menghancurkan struktur industri kapitalis yang engedepankan individualis dan mengubahnya menjadi struktur yang mengedepankan solidaritas.

A.    Janji Komunitas
Pada tahun 1990 pemerintah Australia Barat ingin melakukan penyelidikan tentang bagaimana warga Australia Barat memandang masyarakat mereka. Dari penyelidikan tersebut muncul suatu strategi konsultasi publik yang luas dan menunjukkan mereka sangat merasakan “hilangnya komunitas” atau hilangnya identitas dalam masyarakat modern. Dan satu prioritas tertinggi untuk masa depan adalah membangun kembali komunitas.
Pada tahun 1994, saat puncak privatisasi pemerintah negara bagian Victoria sebuah proyek berjudul People together project, proyek tersebut merupakan janji komunitas yang dibentuk oleh kelompok masyarakat di Victoria. Proyek tersebut mendorong agar warga menjadi sadar bahwa selama dibawah kebijakan neoliberal telah hilang rasa solidaritas dan kerja sama. Proyek tersebut juga memfasilitasi inisiatif-inisiatif masyarakat untuk melakukan pengelompokkan kembali diri mereka dan membangun kembali komunitas.

B.     Modal sosial dan Masyarakat Madani
Modal sosial berarti bahwa jika seseorang melakukan investasi sosial, maka dia juga melakukan investasi dalam bidang ekonomi, akan tetapi menurut beberapa komentator (Cox,1995: Winter 200 ; Latham, 1997) mengatakan modal sosial masyarakat barat modern sedang tererosi karena kriteria pasar ekonomis murni, dipahami sebagai prioritas utama oleh individu dan bukan berdasarkan solidaritas.
Bagian dari membangun modal sosial adalan memperkuat masyarakat madani. Masyarakat Madani bisa diartikan sebagai masyarakat yang membentuk suatu struktur formal atau informal secara sukarela. Seperti klub buku atau grup kebudayaan yang disebut secara sukarela. Menurut Robert Putuam (1993) masyarakat madani yang kuat tidak hanya memperkuat modal sosial, tapi juga memperkuat modal ekonomi. Bagian dari erosi modal sosial di barat adalah erosi masyarakat madani.
Pengembangan masyarakat adalah sebuah pendekatan yang bertujuan untuk membalik mindset yang mengatakan bahwa masyarakat yang maju dalam perekonomian adalah masyarakat yang individualis.

C.     Kebutuhan orang asing
Tonnies (1995) mengemukakan tentang perubahan masyarakat tradisional ke masyarakat modern sebagai perubahan dari Gemeinschaft ke Gesellschaft. Gemeinschaft berarti orang berinteraksi dengan relatif sedikit orang yang mereka kenal dengan baik, dalam banyak peran yang berbeda. Sedangkan masyarakat Gesellschaft orang berinteraksi dengan banyak orang, tetapi interaksi ini terbatas pada kegiatan instrumental tertentu saja. Contohnya penjaga toko, guru dan supir.
Dengan adanya transformasi dari gemeinschaft ke Gesellschaft interaksi antar masyarakat hanya mengenal sebatas peran tertentu saja dan menganggap diluar peran orang lain adalah orang asing. Dari pendekatan atau kegiatan untuk memenuhi kebutuhan tetangga atau saudara kini telah beralih ke suatu sistem yang didasarkan atas memenuhi kebutuhan orang asing, sebagaimana diuraikan oleh sejumlah penulistitmus 1970; Wilesky & Lebeaux, 1965; Watson,1980; Ignatieff,1984).

Kewajiban seorang warga kini bukan memenuhi kebutuhan tetangganya, tetapi membayar pajak sehingga orang lain yang professional dipekerjakan untuk mengelola tugas tersebut.

0 comments:

Post a Comment