Contoh Laporan Akhir KKN UIN Sunan Kalijaga

, , No Comments

BAB I
PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pola pengabdian terhadap masyarakat yang diharapkan menjadi bagian pemberdayaan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun dalam realitas sosial masyarakat yang sebenarnya. Pengabdian pada masyarakat merupakan sebuah ungkapan dari realitas masyarakat yang multidimensi dimana dalam satu sisi problem menyertai laju pembangunan yang hadir silih berganti, sementara disatu sisi lain mahasiswa hanyalah bagian dari masyarakat yang masih harus belajar dari lingkungan.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah progam perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, merupakan kegiatan intra-kulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga sebagai media sosialisasi dan pengabdian masyarakat dalam bentuk formal akademis juga sebagai wahana mahasiswa untuk bisa mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang selama ini dipelajari, untuk kemudian dimanifestasikan pada masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan mampu berperan aktif dalam pembangunan baik material maupun spiritual, sehingga tercipta masyarakat yang adil, makmur, dan bertakwa kapada Allah SWT



A.    DESKRIPSI WILAYAH
1.      Kondisi Geografis
Secara Administratif, lokasi KKN terletak di Dusun Sedan, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Sariharjo Kecamatan Ngaglik adalah wilayah yang masih terus berkembang, dengan banyaknya pembangunan-pembangunan perumahan baru yang ada dan masih masuk di peta wilayah Desa Sariharjo Kecamatan Ngaglik. Sampai bulan September 2013 Desa Sariharjo memiliki 16 Pedukuhan yang terdiri dari 39 RW. Berikut ini tabel Nama pedukuhan dan RW yang berada di wilayah Sariharjo.
Tabel 1. Jumlah Pedukuhan dan RT, RW
No.
 Padukuhan
RW
1.
Rejodani 1
RW 1, RW 2
2
Rejodani 2
RW 3, RW 4
3
Ngetiran
RW 5, RW 6
4
Wonorejo
RW 7, RW 8
5
Tegalrejo
RW 9, RW 10
6
Tambakrejo
RW 11, RW 12
7
Tegalweru
RW 13, RW 14
8
Randugowang
RW 15, RW 16
9
Karangmloko
RW 17, RW 18
10
Mudal
RW 19, RW 20
11
Sumberan
RW 21, RW 22, RW 23
12
Nglempongsari
RW 24, RW 25, RW 26, RW 27, RW 28
13
Tegalwaras
RW 29, RW 30, RW 31, RW 32
14
Sedan
RW 33, RW 34
15
Jongkang
RW 35, RW 36, RW 37
16
Nandan
RW 38, RW 39

            Sedangkan Luas Wilayah Desa Sariharjo 829,75 Ha, sesuai rencana tata ruang dan wilayah, secara umum Kecamatan Ngaglik adalah wilayah penghijauan, perumahan dan pendidikan. Secara geografis Wilayah Kecamatan Ngaglik terbagi dalam 2 ( dua ) kawasan, yaitu kawasan Timur  dan kawasan Barat, dan Wilayah Desa Sariharjo terletak di kawasan barat Kecamatan Ngaglik, dengan batas – batas wilayah sebagai berikut :
-        Sebelah Utara              :  Desa Donoharjo
-        Sebelah Timur             :  Desa Sinduharjo
-        Sebelah Selatan           :  Desa Sinduadi
-        Sebelah Barat              :  Desa Sendangadi
B.     Kondisi Demografis
Secara umum sensus dusun Sedan dapat digambarkan  secara ringkas sebagai berikut




Tabel 2. Bagan Organisasi Dusun Sedan.
Tabel 3 . Jumlah Penduduk Menurut Jenis Pekerjaan
No.
Jenis Pekerjaan
Jumlah
1
Wiraswasta
30%
2
PNS
70%




Tabel 4. Jumlah Sarana dan Prasarana Fisik
No.
Sarana
Jumlah
1.
Masjid
3
2.
Musholla
2
3
Posyandu
1
4.
TPA
4
5.
Sekolah Dasar (SD)
1
6.
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
-
7.
Sekolah Mengeah Atas (SMA)
-
8.
Lapangan Footsal
1
Jumlah
12

Tabel 5. Jumlah Penduduk Berdasarkan Agama
No
Agama
Jumlah
1
Islam
95%
2
Non Islam
5%

Tabel 6. Perangkat Dusun
No.
Nama
Jabatan
1
Miarno
Kepala Dusun
2
Sukino
Ketua RW.33
3
Suyanto
Ketua RW.34
4
Sambudi, ST
Ketua RT.01
5
Agus Pramana
Ketua RT.02
6
Hartono
Ketua RT.03
7
Risang Setiohadi
Ketua RT.04
8
Tumijo
Ketua RT.05
9
Heru Santosa
Ketua RT.06
10
Suripno
Ketua RT.07


B.     PERMASALAHAN UMUM
Hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang telah dilakukan pada kurun waktu dua bulan di lokasi Desa Sedan RW: 33/34 Kelurahan Sariharjo Ngaglik Sleman, telah didapati beberapa permasalahan yang perlu mendapatkan  perhatian, diantaranya: bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, Sosial, dan organisasi.
1.      Bidang Keagamaan
Warga Dusun Sedan dalam bidang keagamaan memiliki beberapa kegiatan seperti TPA, kepemudaan dan lain sebagainya. Akan tetapi Kegiatan TPA di masjid dan di mushola intensitasnya menurun setelah tidak adanya pengajar untuk mengajar TPA setiap harinya. Kebanyakan para pengajar sudah pada bekerja dan kuliah, sehingga waktu untuk mengajar bentrok dan akhirnya meninggalkan untuk mengajar TPA.
2.        Bidang Pendidikan
Pada Dusun Sedan ini pada dasarnya sudah terpenuhi kebutuhan wajib belajar. Akan tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran masih kurang lokasi pembelajaran ataupun fasilitas. Selain itu masih banyak lagi yang menempuh jengjang S1 sampai dengan S2.
3.        Bidang Kesehatan
Kesehatan masyarakat di Dusun Sedan belum mempunyai sarana dan fasilitas yang memadai. Hanya terdapat satu Dokter yang praktik di Rumah. Namun  program Posyandu sudah berjalan rutin dilaksanakan setiap tanggal 20.


4.           Bidang Sosial
Dusun Sedan mempunyai kerukunan yang bisa dikatakan sudah rukun, karena setiap ada pertemuan warga selalu banyak yang menghadiri pertemuan desa.
5.           Bidang Organisasi
Pemuda dan pemudi di Dusun Sedan sendiri kurang terjalin kesolidan sehingga sering terjadi program-program dusun yang tidak bisa berjalan secara baik untuk itu perlu dilakukan penjalinan kembali kekompakan pemuda dan pemudi yang ada di Dusun Sedan. Anggota dari remaja masjid relatif sedikit dan kebanyakan anggota tidak aktif di organisasi karena bekerja diluar daerah ataupun telah menikah dan yang sedang kuliah diluar kota.

C.     IDENTIFIKASI MASALAH
Dari hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang telah dilakukan pada kurun waktu dua bulan di Dusun Sedan, kami dapat mengidentifikasi beberapa masalah. Permasalahan yang diangkat didasarkan pada dua bidang, yaitu :
1.      Bidang Jurusan
-        Kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan sehingga membuat ligkungan kurang bersih, dan kurangnya fasilitas untuk menampung sampah. Kurangnya kesadaran atas pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
-        Kurangnya semangat warga untuk belajar dan mengajari anak-anaknya dalam hal agama, sehingga ketika anak-anak sepulang dari kegiatan TPA tidak ada keberlanjutan dalam belajar agama.
2.      Bidang Penunjang
-        Kurangnya pengetahuan kerajinan berbentuk media.
-        Anak-anak kurang mengetahui fiqih ibadah seperti cara-cara bersuci dan lain sebagainya.

BAB II
PROGRAM KERJA
A.    Bentuk-bentuk Program Kerja
1.      Bidang Kefakultasan/ Jurusan/ Prodi :
a)         Kebersiham Lingkungan dan Pengadaan Tong Sampah
b)         Pengembangan Masyarakat Berbasis Agama
2.      Bidang Penunjang :
a)        Pelatihan Desain Grafis
b)        Pembelajaran Fiqih Dasar Anak

  1. Target yang Akan Dicapai
1.      Target Kualitatif
                                             a.       Bidang Jurusan
a)      Meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap pentingnya menjaga lingkugan, hidup sehat dan membuang sampah pada tempatnya.
b)      Mengembangkan masyarakat dalam bentuk agama, sehingga masyarakat tidak lagi kebingungan dalam mengajari anak-anaknya dalam bentuk agama.
                                            b.       Bidang Penunjang
a)      Menumbuhkan kreatifitas warga melalui media desain.
a)      Dapat memahami dan menjalankan hukum fiqih.

2.      Target Kuantitatif
                                             a.       Bidang Jurusan
a)      Terlaksananya kegiatan kebersihan pada akhir juli.
b)      Terlaksananya sosialisasi pembelajaran kepada warga pada setiap habis sholat magrib.
                                            b.        Bidang Penunjang
a)      Terlaksananya pembelajaran desain grafis pada bulan agustus akhir.
b)      Terlaksananya kegiatan mengajar fiqih dasar pada 20 juli dan pada bulan agustus



BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

A.      KETERCAPAIAN PROGRAM KERJA
1)      Secara Kualitatif
NO
BIDANG
NAMA PROGRAM KERJA
PELAKSANAAN
TEMPAT
HASIL KUALITATIF
1
Bidang Jurusan
Kebersiham Lingkungan dan Pengadaan Tong Sampah

18 Juli dan 23 Agustus 2014
Dusun Sedan
Meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap pentingnya menjaga lingkugan, hidup sehat dan membuang sampah pada tempatnya.
Pengembangan Masyarakat Berbasis Agama
20 September - 28 Sepetember 2014
Masjid al-Muslikhun
Mengembangkan masyarakat dalam bentuk agama, sehingga masyarakat tidak lagi kebingungan dalam mengajari anak-anaknya dalam bentuk agama
2
Bidang Penunjang
Pelatihan Desain Grafis
20 Agustus 2014
Posko KKN
Menumbuhkan kreatifitas warga melalui media desain
Pembelajaran Fiqih Dasar Anak
20 Juli 2014
Masjid al-Muslikhun
Dapat memahami dan menjalankan hukum fiqih



2)      Secara Kuantitatif
NO
BIDANG
NAMA PROGRAM KERJA
PELAKSANAAN
TEMPAT
HASIL KUANTITATIF
1
Bidang Jurusan
Kebersiham Lingkungan dan Pengadaan Tong Sampah

18 Juli dan 23 Agustus 2014
Dusun Sedan
Terlaksananya kegiatan kebersihan pada akhir juli dan pada tanggal 14 agustus 2014
Pengembangan Masyarakat Berbasis Agama
20 September - 28 Sepetember 2014
Masjid al-Muslikhun
Dilaksanakan 5 hari dan di hadiri oleh sebagian warga 5 orang
2
Bidang Penunjang
Pelatihan Desain Grafis
20 Agustus 2014
Posko KKN
Dilaksanakan 1 kali dan dihadiri oleh 6 orang.
Pembelajaran Fiqih Dasar Anak
20 Juli 2014
Masjid al-Muslikhun
Dilaksanakan 1 kali dan dihadiri oleh kurang lebih 20 anak-anak


B.     MEKANISME PELAKSANAAN
a)      Organisasi Pelaksana
Adapun organisasi pelaksanaan untuk pelaksanaan seluruh program. Hal ini untuk mempermudah koordinasi dalam mencapai target dan tujuan sebagaimana dimaksud di atas. Adapun susunan struktur organisasi pelaksana tersebut adalah sebagai berikut:
Pelindung : -   Prof. Dr. Musa Asy’ari (Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
-    Panitia KKN angkatan ke-83 (LPM UIN Sunan Kalijaga)
Penasehat : -    Budi Ruhiatudin, S.H., M.Hum. (Dosen Pembimbing Lapangan)
-          Agung Endarta, S.Sos.(Kepala Desa Sariharjo)
-          Semua RT Dusun Sedan
Pelaksana :
Koordinator           :  Ardian Prayogo
Anggota                 :  Muhammad Ammar
                                  Hamzah
                                  Isti Mufidah
                                  Debrina Novitasari
                                  Vivi Dwi Astutiningsih
                                  Maratush Sholehah
                                  Riski Nurabra
Pembantu Umum      : Organisasi Pemuda, Perkumpulan Ibu-ibu Segenap Warga Masyarakat Dusun Sedan    
b)      Pihak yang diajak bekerjasama
Adapun pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah semua warga dusun Sedan meliputi anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak dan masyarakat pada umumnya.

C.    FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
a)      Faktor Pendukung
Kegiatan dalam program individu ini tidak akan berjalan dengan sendirinya tanpa ada faktor pendukung yang sangat membantu terlaksananya semua program. Faktor-faktor pendukung tersebut bisa berupa dalam maupun dari luar. Pada dasarnya keadaan masyarakat dusun sedan relatif mudah untuk menyesuaikan program-program kerja KKN. Selain itu bimbingan dari tokoh-tokoh masyarakat yang selalu ada sehingga ketika kami mengalami kesulitan selalau teratasi.
Sedangkan faktor pendukung lainnya adalam dari rekan-rekan KKN Dusun Sedan yang sangat antusias untuk bekerjasama dalam pelaksanaan program individu selain itu rekan-rekan KKN selalu siap dalam segala hal.
b)      Faktor Penghambat
Sesuatu usaha besar selalu memiliki hambatan yang mempengaruhi proses terlaksanakannya usaha tersebut, begitu juga yang kami alami terhadap usaha kami dalam menjalankan program-program individu KKN tematik Posdaya. Berikut beberapa hambatan misalnya :
-          Keterbatasan waktu sehingga program kurang maksimal
-          Kurangnya semangat warga untuk mengikuti program
-          Keterbatasan dana sehingga program kurang maksimal
-          Dll






BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil observasi, kehidupan beragama di Dusun Kolodanan sudah cukup baik, hanya saja masih perlu arahan dan ada yang mengingatkan. Seluruh program kerja terlaksana dengan baik. Keberhasilan program-program yang telah dilaksanakan dikarenakan teamwork yang solid dari kelompok KKN, dan dukungan dari masyarakat khususnya remaja masjid dan remaja karang taruna setempat. Sebagai pelasana program KKN, mahasiswa ternyata bayak mendapatkan pengalaman yang sangat berharga selama dua bulan dalam menjalankan program KKN.
B.     Saran-Saran
1.      Agar masyarakat lebih giat dalam berusaha dan tidak hanya mengharapkan bantuan dari luar.
2.      Pemuda dan pemudi memiliki pengaruh yang besar bagi pertumbuhan suatu daerah, oleh karena itu hendaknya harus lebih kompak dan giat dalam mewujudkan daerah yang berkualitas tinggi.
3.      Kami berharap kepada ana-anak yang mengikuti pendampingan belajar serta bimbel agar meneruskan belajarnya agar kemudian bisa tetap eksis pada jaman globalisasi ini

LAMPIRAN
       1.      FOTO-FOTO KEGIATAN
Foto Kegiatan Kebersihan Dan Pengadaan Tong Sampah





Foto Kegiatan Pengembangan Masyarakat Berbasis Agama





Foto Kegiatan Pelatihan Desain Grafis                    Foto Kegiatan Pembelajarn Fiqih Dasar






                           2.      CATATAN LAPANGAN
Dalam pelaksanaan program kerja terdapat banyak suka dan duka yang tidak akan penyusun lupakan sampai kapanpun. Setiap peristiwa baik yang manis maupun pahit adalah pengalaman yang akan menjadi pelajaran bagi penyusun secara pribadi. Hal-hal itu sangat bermanfaat dan membina saya untuk bermasyarakat selama ini.

                           3.      CURRICULUM VITAE
Nama                               : Ardian Prayogo
NIM                                 : 11230048
Tempat/Tanggal Lahir     : Wates, 19 Maret 1993
Jenis Kelamin                  : Laki-laki
Agama                             : Islam
Alamat Asal                     : Haduyangratu, Padangratu Lampung Tengah Lampung
Alamat Jogja                    : Jl. Sawo, Gaten, Condong Catur Depok Sleman
Pendidikan Formal :
·         SD N 05 Kuripan                                      : Lulus Tahun 2005
·         MTs Roudlotul Huda                                : Lulus Tahun 2008
·         MA Roudlotul Huda                                 : Lulus Tahun 2011

·         UIN Sunan Kalijaga                                 : Masuk tahun 2011

0 comments:

Post a Comment